BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 13 November 2009

jagung sebagai obat yang alami BAB 2

KAJIAN PUSTAKA

Jagung (Zea mays. L.) merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi kehidupan manusia dan hewan. Jagung mempunyai kandungan gizi dan serat kasar yang cukup memadai sebagai bahan makanan pokok pengganti beras. Selain sebagai makanan pokok, jagung juga merupakan bahan baku makanan ternak. Kebutuhan akan konsumsi jagung di Indonesia terus meningkat. Hal ini didasarkan pada makin meningkatnya tingkat konsumsi perkapita per tahun dan semakin meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Jagung juga merupakan bahan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit dengan cara dioles.

( id.wikipedia.org/wiki/Jagung)

Jagung, Tanaman Obat Indonesia

Selama ini kita mengenal buah jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat. Selain digunakan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, jagung secara umum juga dikenal sebagai sumber pakan ternak. Tapi tahu kah anda bahwa jagung juga memiliki fungsi sebagai salah satu sumber obat tradisional indonesia yang dapat menjadi obat alternatif untuk penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) serta penyakit Kardiovaskular.

Khasiat Tanaman

Menurut penelitian dan juga pengalaman orang yang telah mencuba, rambut jagung berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan biji jagung cocok untuk di konsumsi orang yang memiliki risiko gangguan kolesterol dan kardiovaskular.

Kandungan Tanaman

Berdasarkan penelitian laboratorium, buah jagung mengandung protein, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor, zat besi, belerang serta vitamin A, B, C dan K. Sedangkan rambut jagung mengandung asam lemak maizenat, damar, gula, garam mineral, alkaloid, polifenol dan flavonoid jenis ginkgetin yang aman bagi jantung dan tekanan darah.

Bagi anda penderita hipertensi, kardiovaskular ataupun berbadan sehat tidak ada salahnya bila anda sering-sering menyantap jagung rebus muda. Tetapi harus diingat, jangan makan jagungnya saja. Air rebusan jagung tersebut juga harus diminum. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, jagung direbus beserta dengan kulit dan rambutnya yang terlebih dahulu di cuci dengan bersih. Lalu direbus hingga mendidih, setelah itu didinginkan dan air nya disaring lalu diminum seperti meminum air putih. Dan hendaknya anda jangan lupa juga untuk memakan jagungnya. Sayang kan kalao tidak dimakan.

(http://obat-tradisional-indonesia.blogspot.com/2009/03/jagung-tanaman-obat-indonesia.html)







Jagung(Zea mays L.)
Familia :
Poaceae (Gramineae).
Uraian : Tanaman berumpun, tegak, tinggi lebih kurang 1,5 meter. Batang bulat, masif, tidak bercabang, warna kuning atau jingga. Daun tunggal, berpelepah, bulat panjang, ujung runcing, tepi rata, panjang 35-100 cm, lebar 3-12 cm, warna hijau. Bunga majemuk, berumah satu, bunga jantan dan betina bentuk bulir, di ujung batang dan di ketiak daun, warna putih. Buah berbentuk tongkol, panjang 8-20 cm, warna hijau kekuningan.
Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA Maidis Stigmata; Rambut Jagung. Maidis Amylum; Pati Jagung
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sifat Khas Agak manis. Khasiat Antilitik, diuretik, dan hipotensif. PENELITIAN Sukensri Hardianto, 1989. Fakultas Farmasi, UGM. Pembimbing: Dr. Ediati S., Apt. dan DR. Sasmito. telah melakukan penelitian pengaruh infus tongkol Jagung muda terhadap daya larut batu ginjal kalsium secara in vitro. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata: 1. Adanya pengaruh antara kadar infus dan kadar kalium vang teriarut dalam larutan. 2. Adanva pengaruh antara kadar infus dan kadar Y{alsium vang terlarut dalam larutan. 3. Batu ginjal kalsium mempunyai daya larut paling besar dalam infus tongkol Jagung muda dengan kadar 5%. Pada kadar infus yang lebih tinggi daya larutnya mengalami penurunan
(http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=292)

Jagung, Luwes Diolah dan Menyehatkan

Siapa yang tidak kenal jagung? Bahan pangan yang memiliki nama latin Zea Mays Linn ini luwes dimasak apa saja, mudah diperoleh dan merupakan salah satu bahan pangan yang mudah dicerna oleh perut kita. Terlahir sebagai keluarga serelia dengan serat kasar yang tergolong tinggi sehingga dapat mencegah sembelit dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Keistimewaan itulah yang menjadikan jagung lebih sering digunakan sebagai makanan alternatif pengganti nasi.

Berbagai produk olahan jagung banyak kita temui di pasaran dan biasanya hanya dimanfaatkan sebatas bahan makanan saja. Padahal, jagung juga berkhasiat dijadikan sebagai obat, seperti melancarkan air seni, membantu mengurangi risiko hipertensi dan diabetes, melancarkan ASI, bahkan bagian tongkolnya dapat digunakan sebagai obat diare. Ini disebabkan karena jagung mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Jagung kaya akan kandungan enzim protease yang diyakini mampu mencegah penyakit kanker. Tengok juga kandungan magnesiumnya yang sangat tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai pengatur usus.

(http://www.hanyawanita.com/clickwok/health/health34.html)

0 komentar: