BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 25 November 2009

pemanasan global bab2

KAJIAN PUSTAKA

Pemanasan global yang sudah mulai dirasakan dampaknya oleh indonesia yang telah diakibatkan oleh efek rumah kaca dan efek rumah kaca disebabkan oleh naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. (www.wikipedia.com)

Meskipun(menurut perasaan) temperatur di sekitar kita terlihat berfluktuasi
secara tetap, namun pada kenyataannya (berdasarkan data yang ada)
ternyata selama 50 tahun terakhir ini temperatur rata-rata di Bumi
telah naik secara cepat. Penyebab utama naiknya temperatur Bumi adalah
akibat efek rumah kaca yang menurut sebagian ahli disebabkan oleh
meningkatnya kandungan gas Karbon Dioksida (CO2) dan partikel polutan lainnya di atmosfer bumi diibaratkan selimut, gas-gas tersebut akan menghalangi enrgi panas yang dipantulkan kembali oleh bumi ke ruang angkasa. (buku tentang pemberdayaan alam)

Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari Matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitas Matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. (Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an.) Fenomena variasi Matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun 1950, serta efek pendinginan sejak tahun 1950. (www.wikipedia.com)
Jadi pemanasan global yang terjadi karena perbuatan manusia memang memiliki efek negatif yang tidak bisa dipandang sepele. Dan kita pun, suka tidak suka, tercatat sebagai salah satu pelakunya. Cobalah mulai sekarang kita ubah kebiasaan yang bisa mengurangi kadar gas karbon dioksida supaya tidak melebihi ambang batas. Caranya? Cukup memakai listrik seperlunya, memilih alat rumah tangga atau elektronik yang hemat energi, dan kalau bisa menanam pohon untuk menyerap gas karbon dioksida yang ada di udara. (www.sekolahindonesia.com)

0 komentar: